0




Sebagai bagian dari upaya meningkatkan karakter dan adab dalam menuntut ilmu, Guru, Karyawan dan Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 42 Jakarta Timur, mengadakan kajian rutin kitab kuning setiap 2 pekan sekali.

Kegiatan yang dilaksanakan setiap hari jumat 2 pekan sekali dimulai pukul 13.00 itu diikuti oleh seluruh guru, karyawan, dan Peserta Didik MTsN 42 Jakarta Timur. Acara kajian kitab tersebut turut hadir Ibu Kepala Madrasah, yang menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat membawa manfaat bagi semua Civitas Akademika MTsN 42 Jakarta Timur.

Kitab yang dipilih untuk dibahas pada kegiatan ini adalah kitab “Adab Al-‘Alim wal Muta’allim" Karya KH. Hasyim Asy'ari. Adapun pengajar kegiatan ini yaitu Ustadz Ismail, S.Hi. yang merupakan salah satu guru sekaligus ketua DKM Masjid Jami AlMujahadah MTsN 42 Jakarta Timur.

Menurut Kepala Madrasah, kegiatan kajian kitab ini merupakan salah satu bentuk upaya Madrasah dalam meningkatkan pemahaman tentang bagaimana etika seorang yang berilmu dan menuntut ilmu di MTsN 42 Jakarta Timur. Selain itu kegiatan ini juga diharapkan dapat memperkuat silaturahmi dan mempererat kebersamaan keluarga besar MTsN 42 Jakarta Timur.

Dengan adanya kegiatan kajian kitab, selain peserta dapat mengenal dan membaca kitab kuning, diharapkan peserta dapat memperdalam pengetahuan dan pemahaman tentang etika orang yang berilmu dan orang yang menuntut ilmu. Kegiatan kajian kitab ini juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi Madrasah-Madrasah lainnya untuk melaksanakan kegiatan serupa demi meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. 

Posting Komentar

 
Top