0




Jakarta (Humas 42) - Mengawali pekan kedua di bulan suci ramadhan, MTsN 42 Jakarta melaksanakan kegiatan Pesantren Ramadan atau biasa disebut dengan pesantren kilat. Kegiatan pesantren ramadhan ini adalah sebuah kegiatan untuk menanam nilai-nilai religi dan memberikan pembelajaran tambahan keagamaan selama bulan ramadhan. Dilaksanakannya pesantren ramadhan ini ditujukan untuk membentuk sikap disiplin peserta didik dalam hal beribadah dan berakhlak baik.

Pesantren Ramadhan ini di ikuti oleh seluruh peserta didik MTsN 42 Jakarta dari kelas 7 sampai kelas 9. Ibu Dra. Hj. Nining Sumarni selaku kepala sekolah MTsN 42 Jakarta membuka kegiatan Pesantren Ramadhan ini. Kegiatan Pesantren Ramadhan dilaksanakan hanya setengah hari saja dari pukul 07.00 WIB s.d pukul 12.00 WIB. Pesantren Ramadhan ini dilaksanakan pada tanggal 27 – 31 Maret 2023 yang berlangsung di ruang kelas dan Masjid Jami Al-Mujahadah MTsN 42 Jakarta.Pesantren Ramadhan ini mengusung tema “ Millenial Islami. Keren tetap islami, Why not?”.  

Kegiatan pesantren Ramadhan diawali dengan kegiatan rutin sholat dhuha, tadarus, dan muhadoroh secara bergilir dari perwakilan kelas. Setelah itu peserta diidk masuk kekelas untuk menyimak, memahami, dan mengaplikasikan penjelasan-penjelasan dari kakak-kakak mentor pesantren ramadhan. Kegiatan Pesantren Ramadhan ini dilaksanakan seperti KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) disetiap harinya, namun yang membedakannya adalah materi dan pengajarnya. Pada Pesantren Ramadhan tahun ini MTsN 42 Jakarta mengundang Alumni dari Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor menjadi kakak-kakak mentor untuk membagikan ilmu-ilmu yang mereka dapatkan selama menjadi santri di Ponpes Darussalam Gontor.

Kegiatan pesantren ramadhan ini disambut dengan gembira dan rasa antusias dari seluruh peserta didik, karena bukan hanya pembelajaran agama saja yang mereka dapatkan namun dapat melatih daya kreatifitas mereka semua. Diakhir penutupan pesantren ramadhan ini, seluruh peserta didik dilibatkan dalam acara pentas seni yang bertema “Catatan Akhir Sanlat”, pentas seni berlangsung seru dan menggembirakan karena melihat daya kreatifitas peserta didik dalam menyuguhkan berbagai macam pertunjukan seni diantaranya nasyid, drama musikal, drama, tarian saman, fashion show, dan sholawat.

Dengan adanya kegiatan pesantren ramadhan ini banyak ibrah yang dapat memberikan pembelajaran yang baik bagi peserta didik supaya dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari baik kepada orang tua, guru, dan sesama teman sebayanya. 

Posting Komentar

 
Top