0

 



Jakarta (Humas 42) - Tarhib Ramadhan adalah menyambut bulan suci Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa sangat dinanti kedatangannya sebab hanya datang satu tahun sekali. Dengan begitu, acara tarhib ramadan sangat dianjurkan dilakukan oleh umat muslim.

Dengan arti tarhib ramadan adalah menyambut bulan suci Ramadahan dengan segala kesiapan, keluasan, serta kelapangan jiwa dan raga. Sebab bulan ramadan akan dilaksanakan pada satu bulan penuh yang membutuhkan persiapan kesehatan mental dan fisik.

Kegiatan tarhib ramadan ini dihadiri oleh seluruh guru, staff, karyawan, dan peserta didik MTsN 42 Jakarta, acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 2023 di Masjid Al-Mujahadah MTsN 42 Jakarta. Dengan diadakannya kegiatan tarhib ramadan diisi ceramah agama oleh Ustadz Zaki, pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh ananda syasya zulaikha. Ibadah yang disambut dengan kebahagiaan oleh umat islam. Menyambut bulan istimewa dimana segala ibadah kebaikan yang kita lakukan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT dan segala dosa kita dilunturkan oleh Allah SWT kembali fitri.

Acara awal diisi sambutan pembuka oleh kepala madrasah MTsN 42 Jakarta dan ketua komite sekolah, pembacaan maulid nabi dan mahalul qiyam yang diiringi oleh team hadroh MTsN 42 Jakarta Timur dan penampilan yang meriah oleh team hadroh dan team marawis MTsN 42 Jakarta, dan acara ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ustadz Ismail.

 Tarhib Ramadan atau penyambutan bulan suci ramadan harus memiliki segala kesiapan lahir dan batin. Secara batin kita menyiapkan fisik untuk kuat menjalani puasa satu bulan penuh dan menyiapkan batin untuk membersihkan hati dari segala hal buruk dan prasangka yang buruk. Pada Akhir acara ini, seluruh  guru, staf, karyawan saling membukakan pintu maaf satu sama lain dan diikuti oleh seluruh peserta didik untuk meminta maaf bersalaman kepada guru, staff dan karyawanMTsN 42 Jakarta dan kepada sesama temannya.

Tarhib Ramadan dapat disimpulkan menyambut bulan ramadan dengan senang hati, tangan terbuka, lapang hati, serta penuh dengan kebahagiaan jiwa  dan raga.

Posting Komentar

 
Top