0



Jakarta (Humas 42) - Hari Santri Nasional diperingati di Indonesia setiap tanggal 22 Oktober disetiap tahunnya. Peringatan Hari Santri Nasional tujuannya adalah untuk memperingati peran santri dalam memperjuagkan dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Hari Santri Nasional pertama kali dilakukan oleh kalangan pesantren untuk mengenang jasa para santri untuk kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dengan begitu seluruh masyarakat Indonesia diharapkan dapar mengingat, meneladani peran para ulama dan santri dalam memperjuangkan NKRI pada saat itu.

Tema dari Hari Santri Nasional tahun 2023 mengutip dari laman resmi Kementerian Agama RI yaitu “Jihad Santri Jayakan Negeri”.  Tema tersebut memberi pesan untuk merayakan semangat dan perjuangan santri sebagai pahlawan pendidikan dan perjuagan dalam melawan kebodohan.

Pada peringatan Hari Santri Nasional MTsN 42 Jakarta Timur turut memeriahkan peringatan Hari Santri Nasional sesuai dengan informasi resmi dari Kementerian Agama RI. MTsN 42 Jakarta menggelar Upacara peringatan hari santri di Lapangan MTsN 42 Jakarta, dengan menggunakan busana ala santri untuk guru dan siswa laki-laki menggunakan kopiah, sarung, dan baju koko, sedangkan untuk guru dan siswa perempuan menggunakan baju abaya atau gamis yang mencerminkan seorang santri.

Momentum ini dapat kita gunakan sebagai bahan refleksi peran dalam menjayakan negeri, kita sebagai generasi penerus bangsa, harus terus belajar dan berusaha untuk mencapai kesempunaan dalam memahami ilmu agama dan ilmu dunia (Pengetahuan Umum). Hari Santri Nasional merupakan harii yang didesikasikan untuk menghormati peran dan kontribusi besar santri dalam memelihara dan menyebarkan nilai-nilai islam di seluruh negeri.


Posting Komentar

 
Top