0




Jakarta (Humas 42) - Hari Kesaktian Pancasila adalah hari nasional di Indonesia yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober 2023. Makna hari kesaktian pancasila adalah untuk mengenang peistiwa sejarah G30S/PKI dan pentingnya pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila pada tanggal 2 Oktober 2023, MTsN 42 Jakarta melaksanakan kegiatan upacara di Lapngan Futsal dan Lapangan Basket MTsN 42 Jakarta. Upacara diikuti oleh seluruh guru, karyawan, staff, dan seluruh peserta didik. Ibu Dra. Nining Sumarni selaku kepala madrasah MTsN 42 Jakarta yang menjadi pembina pada upacara hari kesaktian pancasila.

Peringatan 1 Oktober Hari Kesaktian Pancasila, emamng tidak lepas dari G30S/PKI (Gerakan 30 September 1965) oleh PKI yang menyebabkan 7 perwira gugur. Makna Hari kesaktian Pancasila sebagai bentuk rasa hormat terhadap seluruh pahlawan yang beruguran dalam melakukan tugasnya untuk melindungi pancasila yang dijadikan sebagai dasar negara, mengingat perjuangan pahlawan sebagai usaha untuk membentengi peranan pancasila sebagai dasar negara serta ideologi bangsa, dan dapat meningkatkan kembali rasa nasionalisme dan patriotisme. 

Posting Komentar

 
Top