0

PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI LEADER DALAM

MENINGKATKAN PRESTASI MADRASAH MELALUI MANAJERIAL

KINERJA GURU DI MTSN 42 JAKARTA

Dra. Nining Sumarni

Ningarni64@gmail.com


ABSTRAK

Madrasah Tsanawiyah Negri 42 Jakarta merupakan salah satu lembaga pendidikan milik pemerintah yang berada dibawah satuan Kementrian Agama yang terletak di Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Kepala madrasah merupakan seorang leadership yang akan memberikan sejumlah tugas dan peran kepada koleganya untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah disepakati di mana di dalamnya terjadi interaksi proses pembelajaran di dalam kelas ataupun di luar kelas dan memperhatikan seluruh komponen yang terdapat di madrasah untuk mencapai tujuan dan sasaran yang disepakati tersebut yang tidak lain dan tidak bukan adalah visi dan misi madrasah (Inge Kadarsih, 2020, hal. 197) MTsN 42 Jakarta dipimpin oleh kepala Madrasah dimana memiliki tanggungjawab yang besar dengan kedudukan sebagai leader manajerial di lingkungan pendidikan formal berbasis keagamaan. Dalam proses mengembangkan dan meningkatkan Prestasi sekolah kepala madrasah dibantu oleh para guru. Penelitian ini, menggunakan metode deskriptif kualitatif. Fokus dari rumusan malasalah pada penelitian ini Kepala Sekolah sebagai pemimpin manajerial yang baik akan meningkatkan kualitas kinerja guru sehingga prestasi sekolah akan meningkat? Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Kepala Madrasah sebagai pemimpin (as leader) yang dapat mengelola kinerja guru dengan baik mengahsilkan prestasi Madrasah yang meningkat melalui peserta didik.

Kata kunci : Kepala Madrasah, Pemimpin, Kinerja guru, Prestasi


















Posting Komentar

 
Top